SBSI Gelar Aksi menuntut PT Mars Lestari Untuk mempekerjakan kembali dan mengangkat pekerja yang PKWT Untuk menjadi PKWTT.

SBSI Gelar Aksi menuntut PT Mars Lestari Untuk mempekerjakan kembali dan mengangkat pekerja yang PKWT Untuk menjadi PKWTT.

BANYUASIN,PETISI.CO – Serikat buruh sejahtera Indonesia (SBSI) menggalar Aksi di depan PT. Mars Lestari Desa Talang Buluh Kec, Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Sum-Sel yang tergabung dalam aksi, Serikat buruh sejahtera Indonesia (SBSI) KORWIL SUMSEL,jumat (06/10/2017)

SBSI Menuntut PT Mars Lestari yang melakukan PHK yang tidak beralasan dan di nilai secara sepihak terhadap Keryawannya meminta Pihak Perusahaan PT Mars Lestari agar mempekerjakan kembali karyawan yang di PHK tersebut tampa ada sangsi atau perlakuan yang bersipat merugikan Karyawan tersebut.
Sebagai koordinator Lapangan (Korlap) Sri Aryani mengatakan mengecam tindakan PT Mars Lestari yang melakukan PHK terhadap Keryawannya yang di nilai tampa pertimbangan rasa kemanusiaan sehingga Karyawan yang di pecat tidak terhormat tersebut sangat teraninanya. 

 

Ketua Pengurus SBSI menambah kan” Miminta agar Perusahaan PT Mast Lesteri Mempekerjakan kembali karyawan yang di PHK dengan alasan berakhirnya massa kontrak. Ketua Pengurus SBSI juga Menuntut agar menggangkat seluruh buruh kontrak (PKWT/Perjanjian kerja Waktu tertentu) menjadi karyawan tetap (PKWTT/perjanjian kerja waktu tidak tertentu) kerna di nilainya tidak sesuai dengan Azas azas hukum di Negara kita ini sesuai dengan Tertuang di dalam UUD 1945  pasal 27 sampai dengan pasal 34   Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak : “Tiap warga negara berhak atas,pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” (pasal 27 ayat 2) di kondisi seperti ini di mana Kehadiran Pemerintah dalam hal ini Pemkab Banyuasin Sum-Sel.
Sekira pukul 10.45 wib dilakukan mediasi antara management PT. Mars Lestari yang diwakili oleh Tripanus dan Iqbal selaku marketing dengan perwakilan karyawan yaitu M. Basri dan Iswanto di ruangan kantor PT. Mars. mediasi tesebut di hadiri Kabag Ops Polres BA, Kapolsek Talang Kelapa, Kasat Binmas Polres BA. Serta Kbo sat intelkam Polres Banyuasin Melakukan proses Jejak pendapat serta mediasi untuk menemukan Sulusi yang terbaik bagi keduabelah pihak. 
Dalam mediasi tersebut, perwakilan unras menyampaikan beberapa point, diantaranya :

  • Pihak perwakilan karyawan menyampaikan kepada pihak management PT. Mars Lestari untuk tidak melakukan pemecatan lagi selama proses perselisihan hub. Kerja sedang bergulir di Dinaskertrans Prov Sumsel.

  • Meminta agar pihak perusahaan menghapus pekerjaan outsorsing dan karyawan harian lepas menjadi karyawan tetap.
    Dalam giat mediasi tersebut pihak perusahaan menyampaikan bahwa dirinya belum dapat mengambil keputusan, karena pimpinan perusahaan saat berlangsung nya aksi unjuk rassa tidak berada di tempat, namun pihak perusahaan yang diwakili oleh Tripanus yang menjabat sebagai marketing PT.Mars Lestari hanya dapat menampung aspirasi dan akan melaporkan ke pimpinan perusahaan, untuk memastikan PT Mars Lestari, pihak pendemo menunggu jawaban dari pihak managemen PT. mars lestari paling lambat senin (9/10).
    Pukul 11.30 wib, peserta aksi Unjuk Rassa membubarkan diri dengan tertib sampai saat ini Situasi dalam keadaan aman dan terkendali.(roni)

Penulis: Kerio Bungsuh

Kasi Sayang Perujudan dari Alam Semesta

Tinggalkan komentar